Meriahnya Pawai Budaya Kecamatan Ngadirojo, Desa Pondok Juara 3

  • Aug 21, 2023
  • Web Admin - Desa Pondok

WONOGIRI (pondok-wonogiri.desa.id) - Pawai Budaya bertemakan Budaya Kearifan Lokal dan diikuti 19 peserta terdiri dari 6 peserta kategori pelajar dan 13 peserta kategori umum yang digelar di Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri, berlangsung meriah pada Minggu (20/8/2023).

Rute Pawai dimulai dari Lapangan Sepak bola Ngadirojo, keluar ke arah timur samping lapangan mini, perempatan Masjid Taqwa Ngadirojo belok kiri, pertigaan Bangjo Ngadirojo belok kiri, kearah Barat Lurus, panggung Kehormatan dan Finish depan Cuci Mobil dan Accessories SPARTA.

Dalam Pawai Budaya ini, Desa Pondok melibatkan 150 peserta dan 4 pendamping, serta didukung oleh 2 mobil sebagai sarana dalam pergelaran pawai tersebut. Desa Pondok memperlihatkan beberapa kontingen yang menggambarkan berbagai aspek kehidupan masyarakat dan bangsa Indonesia. Diantaranya pasukan pertama membawa 32 Bendera Merah Putih, sebagai simbol Republik Indonesia. Pasukan kedua Kontingen Adat Jawa Punggawa Desa, punggawa adalah orang yang ditugaskan oleh lembaga adat sebagai pengatur/menentukan dan yang memiliki hak utk menyatakan apa yang akan dilakukan oleh masyarakat adat dalam segala bentuk aktifitas yang berkaitan dengan aturan adat. Pasukan Ketiga Jamu Gendhong, Potensi jamu gendong Dusun Blabak tidak hanya terletak pada aspek budaya dan pariwisata. Ramuan-ramuan herbal yang digunakan dalam jamu gendong terbukti memiliki manfaat kesehatan dan pengobatan yang beragam. Dengan dukungan riset dan pengembangan, Desa Pondok dapat menjadikan jamu gendong sebagai sumber inovasi produk jamu modern yang berkualitas dan diminati pasar. Kemudian Display menyuguhkan "Dewi Sri" dengan iringan lagu yang dikreasaikan. Munculnya sang Dewi Sri adalah simbol dari penguasa kekayaan alam yang dapat menumpas hama dan menjadi kemerdekaan para petani agas tercapai kemakmuran bumi pertiwi.

Pawai Budaya tidak hanya merupakan perayaan saja, tetapi juga menjadi bukti nyata semangat persatuan dan kesatuan dalam membangun Indonesia terus melaju untuk Indonesia maju. Pemerintah Desa Pondok mengucapkan banyak terimakasih atas partisipasi yang luar biasa dalam kegiatan Pawai Budaya tahun ini sehingga Desa Pondok bisa mendapatkan Juara 3 kategori umum.