Kemensos Salurkan Bantuan Bagi KPM PKH Graduasi Berdikari Desa Pondok

  • Nov 30, 2023
  • Web Admin - Desa Pondok

WONOGIRI - pondok-wonogiri.desa.id - Senin, 15 November 2023 Penyaluran bantuan dari PENA Berdikari BBPPKS Regional IV Kalimantan kepada Ibu Simuk Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM PKH) siap graduasi dari Dusun Pondok Wetan Rt 01/ Rw 03 Desa Pondok, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri. Ibu Simuk ini mempunyai usaha produksi tempe. Bantuan tersebut berupa peralatan dan bahan baku pembuatan tempe yang disalurkan oleh Pendamping PKH Ari Kusumastuti, S.Hut dan kawan-kawan relawan.

Dukungan bantuan sarana pendukung usaha ini merupakan rangkaian kegiatan pasca KPM mengikuti pelatihan pemberdayaan masyarakat melalui Program PENA (Pahlawan Ekonomi Nusantara).

Kehadiran Pendamping Sosial PKH berkontribusi dalam mendampingi perkembangan usaha dengan pemanfaatan intervensi bantuan sosial PKH dan Sembako/BPNT.

Melalui kegiatan Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga yang didampingi Pendamping Sosial PKH Desa Pondok, Ibu Simuk memperoleh bekal pengetahuan dan wawasan tentang upaya dan kemauan untuk lepas dari garis kemiskinan.

Selanjutnya melalui Program PENA, Ibu Simuk mengikuti pelatihan pemberdayaan dan tergerak untuk “graduasi berdikari”. Program PENA merupakan salah satu program pengentasan kemiskinan ekstrem di Indonesia, ada lima kluster usaha PENA yaitu pertanian, peternakan, jasa, kerajinan dan makanan.

Dengan adanya Program PENA berharap dapat menumbuhkan minat KPM PKH lainnya yang sudah mandiri dan mampu untuk Graduasi Berdikari.

Tetimakasih Ibu Ari dan teman2 relawan