UMKM Tempe Kedelai

  • Aug 09, 2023

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di desa memiliki peran strategis dalam pembangunan ekonomi dan sosial. Di Desa Pondok saat ini, terdapat sekali potensi UMKM yang menjanjikan untuk dikembangkan dalam upaya pembangunan ekonomi desa. Salah satu contoh potensi UMKM Desa Pondok yang dapat diperhatikan adalah UMKM pembuatan tempe kedelai.

UMKM pembuatan tempe kedelai ini dapat dijumpai di beberapa dusun seperti terdapat di Dusun Gledegan. Para pelaku UMKM pembuatan tempe kedelai mayoritas adalah ibu-ibu lanjut usia. Proses pembuatan tempe masih dilakukan secara tradisional dengan menggunakan sedikit teknologi modern untuk menggiling kedelai.

Sayangnya dalam proses pemasaran dan distribusi produk UMKM tempe kedelai ini juga masih tradisional. Pemasaran produk dilakukan dengan pergi ke pasar dan memanfaatkan media komunikasi WhatsApp. Pelaku UMKM tempe kedelai ini masih belum mampu untuk menjangkau calon konsumen yang lebih luas.

Pengembangan UMKM pembuatan tempe kedelai sangan diperlukan untuk meningkatkan pembangunan ekonomi desa. Dalam meningkatkan potensi dari UMKM pembuatan tempe kedelai diperlukan kerjasama antara pemerintah, pelaku UMKM, dan masyarakat setempat sehingga potensi UMKM Tempe kedelai dapat berkembang lebih jauh.